Chat Downloader Application


ChatDwonloader merupakan OpenSource Java Application yang memungkinkan download file melalui chatting Google Talk. Ide awalnya adalah aku sebagai Software Developer yang hampir setiap hari menghabiskan waktu untuk bekerja di client. Namun kadang kala aku membutuhkan software mislakan update atau patch Websphere Application Server yang ukuranya hampir 1GB. Kalau di download dari internet client satu hari juga ga bakal kelar. Tapi kalo di download dari kantor kencang. Akhirnya dengan cara manual aku search software yang perlu di download saat jam kerja di client. Besok paginya aku datang ke kantor untuk mendownload file yang sudah aku persiapkan satu hari sebelumnya.

Terus terang cara manual diatas sangat tidak efektif, aku harus cari file nya, besoknya aku download dari kantor, besoknya aku datang lagi ke kantor untuk ambil file tersebut. Gimana jika disaat aku dapatkan url file download filenya, aku kirim sesuatu ke kantor lalu file tersebut di download automatis. Besoknya dengan santai aku datang ke kantor untuk ambil file hasil downloadtan.

Akhirnya setelah bertapa selama satu hari dan diberi wangsit oleh Ki Joko Bodo dan Hokage IV aku mendapat ide untuk download file melalui chat. Aku buatin program yang jalan di background, kerjaanya dengarin chat message download dari GTalk, ketika ada chat message download yang masuk program tersebut akan download-tin filenya, notify pengirim ketika file tersebut sudah selesai di download dari chat message juga.

Download

Download source filenya di https://gitorious.org/chatdownloader/chatdownloader/archive-tarball/master

Prerequisite

file yang dibutuhakan sebelum menjalankan program ini adalah ActiveMQ, download lalu start program dengan command:

1.       Windows: activemq/bin/activemq.bat start

2.       Linux: sh activemq/bin/activemq start

Konfigurasi

Pada directory src terdapat dua service project, masing-masing project memiliki konfigurasi sendiri sendiri

`com.cd.chat/src/application.properties`, yang perlu di perhatikan adalah:

                xmpp.user=gtalkuser

                xmpp.password=gtalkpassword

`com.cd.downloader/src/application.properties`, yang perlu di perhatikan adalah:

                downloaded.dir = D:/Downloads/cd — dimana hasil download di simpan

                download.url = http://10.10.10.10/downloaded/ — dimana hasil download dapat di download

Generate Installer

Masuk ke directory src

                ant installer

ant akan menggenerate installer ke folder `chatdownloader/installer`. terdapat 3 jenis binary:

  1. bin-linux-x86-32
  2. bin-linux-x86-64
  3. bin-win-x86-32

Pilih binary yang sesuai dengan platform, lalu rename menjadi bin. mislanya `bin-win-x86-32` => `bin`


Install di Windows

Masuk ke directory installer -> `chatdownloader/installer`

Program ini akan di install di windows sebagai windows service.

Install windows service dengan menjalankan:

                $Install.bat

Jalankan service dengan menjalankan:

                $Startup.bat

Install di Unix

Masuk ke directory installer -> `chatdownloader/installer`

Jalankan command

                $sh startup.sh

Usage

Pertama user yang digunakan untuk mengirimkan chat message download harus menjadi friend Gtalk user yang digunakan oleh aplikasi ChatDwonloader. Jika sudah friend, tinggal kirim message dengan format seperti dibawah ke GTalk user yang ada pada ChatDownloader

download file: [d url], ex. d http://d3nwyuy0nl342s.cloudfront.net/images/modules/header/logov3-hover.png

remove file : [r url], ex. r logov3-hover.png


Have Fun Folks

Leave a Reply

