CodeIgniter Tutorial and Screencast


Kemarin aku berencana buat tutorial mengenai framework code igniter tapi tutorial yang bakal aku buat bukan tutorial tentang konsep dasar CI seperti memahami konsep MVC, membangun aplikasi CRUD, file upload, pagination, dan penggunaan ajax pada code igniter.

Sepengetahuanku, cukup banyak bahan di internet yang menyediakan tutorial mengenai konsep dasar tentang CI. Tutorial yang tersebar juga bermacam2, mulai dari Screencast/video tutoria dan web article. Yang ada dalam pikiranku, buat apa aku mepublish hal yang sama. Toh .., yang aku tulis sudah banyak tersebar di internet, sepertinya itu hal yang sia sia. Nah .., aku akan memberikan source tutorial yang aku gunakan saat aku belajar framework ini.

Sebelum teman2 mulai mencoba memulai mengcoding di codeingiter. alangkah baiknya jika teman2 membaca manual codeigniter.

  1. CodeIgniter User Guide

Setelah selesai membaca sebagian documentasinya. Web yang menyediakan screencast adalah:

  1. Weblee
  2. Nettuts
  3. Official CodeIgniter

Dan jangan lupa untuk join ke komunitas CodeIgniter. Disini kita bisa saling sharing dan tanya jawab mengenai CI

  1. Official CodeIgniter Forum
  2. CodeIgniter Indonesia

Selain itu, kita pasti sering mendapat masalah dalam mengcoding, nah .., tempat yang paling cocok untuk bertanya selain dari comunitas diatas adalah:

  1. Stackoverflow.com disini banyak coder2 dari entah berantah, tapi kalo kita nanya pasti mereka jawab. dan solusi dari mereka mantap2๐Ÿ˜€

Yang terakhir Google.com๐Ÿ˜€, kalo bingung tentang codeigniter, langsung aja search ke mbah google.

Oke lah teman2, semoga resource pembelajaran yang aku kasi bermanfaat bagi coder codeigniter. Kalo ada yang mau menambahi silahkan๐Ÿ˜€

3 thoughts on “CodeIgniter Tutorial and Screencast

  1. Pozan December 27, 2009 / 1:31 pm

    Bos…
    Tak apa-apa membuat tutorial dasar CI walaupun banyak tersebar pembuat tutorial CI di dunia maya. Di antara tutorial yang ada, belum tentu rasa dan selera pembaca sama. Banyak yang membuat turial CI tidak step by step tapi loncat-loncat sehingga konsep dan cara belajar memahami jadi berloncat-loncat juga. setelah membaca tutorial membuat WP theme dari blog http://www.wpdesigner.com/2007/02/19/so-you-want-to-create-wordpress-themes-huh/ ini banyak pemula bisa membuat themes sendiri seperti saya yang masih newbi dalam pemograman walau saya belum juga berhasil 100 % membuat theme wp. Dari tutorial tersebut saya sangat memahami konsep dan cara kerja membuat theme wp, karena konsep yang dipaparkan sangat sederhana dan step by step dari mulai hingga proses membuat themes selesai. Jadi, adakah tutorial step by step desain web menggunakan CodeIgniter seperti http://www.wpdesigner.com?
    Kami tungggu…
    Salam…

  2. adisembiring December 28, 2009 / 1:48 am

    @Pozan
    Link tutorial yang aku berikan sudah cukup memenuhi gan. Apalagi punya nettuts dan weblee, tidak loncat2 koq. mereka memberikan tutorial dari awal/ from scratch.

    aku juga ngga sempat buat tutorial dari awal, kalo tutorial yang aku buat itu tutorial researchku, soalnya jarang orang memberikan tutorial seperti itu. makanya ku buatkan, sekalian belajar hal2 yang baru.

    Kalo agan pozan mau belajar, lihat aja cms yang berbasis CI. ntar dari situ agan bisa dapat feel nya๐Ÿ˜€

    • Pozan January 6, 2010 / 1:30 pm

      Saya sudah coba lihat CMS berbasi CI, ternyata bisa memberikan petunjuk teknik coding dengan CI. Trims… Bang Adi

Leave a Reply

