Belajar Code Igniter Framework


Lihat gambar disamping ??? manthabs kan ? cantik kan ?? sederhana tapi penuh dengan makna (* THH Mode On *)

Itu adalah lambang CodeIgniter. CodeIgniter merupakan salah satu MVC framework PHP. MVC framework untuk PHP ada banyak, yang terkenal adalah CodeIgniter (CI), CakePHP, Kohana, Symfony, Zend Framework, Dll.

Nah .., Untuk apa keguaan MVC framework ini ??? Intinya sih …, agar developer tidak harus membuat aplikasi web dari awal/ from scratch karena ada banyak library2 yang reusable yang disediakan framework ini. Selain itu dengan menggunakan MVC pattern, aplikasi yang kita lebih teratur/modular dampaknya ya itu. Pengembangan aplikasi bisa lebih rapi. Untuk mendapatkan framework CI kita bisa mendownload pada alamat webste ini.

Beberapa hari ini aku kepikiran buat update blog aku, bingung mau milih topic apa. Sekarang aku udah dapat topic bagus. Aku mau ngupas secara tuntas-tas-tas framework ini di blog aku ini. mudah2an terrealisasi.

Kalo masalah framework mana yang lebih bagus, aku kurang tau. Aku hanya udah pernah mencoba beberapa framework seperti CakePHP, Symfony, dan CI. Sejauh yang udah aku telaah, CI itu lebih mudah menggunakanya. Kita sebagai developer diberikan banyak kebebasan dalam pengembangan website. Selain itu, Komunitas CI jauh lebih banyak dari pada framework2 yang lain. Di internet banyak tutorial mengenai penggunaan CI, dan juga ada beberapa video screencast.

Oke lah .., mari kita nantikan tutorial CI untuk kedepannya. mudah2an cepat terrealisasiđŸ˜€

4 thoughts on “Belajar Code Igniter Framework

  1. Rikky Hasibuan February 8, 2010 / 7:05 am

    Karo…

    Kalo yg CakePhp bukannya malah lebih di automasi dibanding CodeIgniter???

    • adisembiring February 8, 2010 / 7:48 am

      Ia sih memng,

      tapi ngecode di cake terlalu strict, ngga fleksible.. dah gitu documentasi cake kurang detail, ngga bisa di download. yang paling penting, tutorial di internet mengenai cake sangat sedikit.

  2. Rikky Hasibuan February 8, 2010 / 10:22 am

    Hhhmmm… i c… i c.. aq baru disuruh belajar CakePhp seh… Ok lah lek.. tx yoo…

Leave a Reply

